Rabu, 26 Juli 2017

Ombus Ombus Jajanan Tradisonal Batak dari Siborong-Borong Tapanuli Utara



Ombus Ombus Jajanan / Kue Tradisional Khas Batak Dari Siborong-borong



 
Ombus-ombus berasal dari bahasa Batak Toba yang artinya adalah tiup-tiup. Ombus-ombus merupakan kue atau jajanan khas Batak yang berasal dari Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Propinsi Sumatera Utara.

Kue ombus-ombus terbuat dari bahan tepung beras dan kelapa parut yang di beri gula merah di tengahnya dan di bungkus dengan daun pisang.


      Ombus-ombus itu sebenarnya dari kata kerja, yang berarti meniup (menghembus). Ketika dihidangkan, biasanya Ombus-ombus dalam keadaan panas sehingga harus terlebih dahulu kita Ombus (tiup) hingga dingin agar dapat kita makan. Pada Era / zaman modern sekarang ini, Ombus-ombus perlahan-lahan mulai tergerus oleh makanan / jajanan modern. Akan tetapi ombus-ombus ini masih kita jumpai pada pesta pernikahan ataupun acara adat batak lainnya. Pada acara pernikahan orang batak, makanan khas ini merupakan makanan wajib ketika acara adat berlangsung yang biasa disuguhkan bersamaan dengan kopi ataupun teh manis.
 

Ombus-ombus pertama kali dicetuskan oleh pedagang asal Batak, Musik Sihombing pada tahun 1940, di Jalan Balige Pusat Pasar Kecamatan Siborong-borong.

Ombus-ombus, Kue Nikmat Tradisional Batak dari Siborongborong


Tidak ada komentar: